Menyediakan Susu untuk Anak-anak

Ingin tahu bagaimana kami menyediakan susu yang dikonsumsi anak-anak PAUD Maria Gunung Karmel setiap hari? Sampai saat ini memang susu tersebut masih dibeli di Jakarta, karena perbedaan harga yang mencapai Rp. 10.000 per kotak, setelah memperhitungkan biaya kirim. Dengan konsumsi per bulan mencapai 30 kotak, artinya kita menghemat sebesar 300 ribu per bulan, atau 3.6 juta per tahun. Kerugiannya? Pengiriman susu membutuhkan waktu 2-3 minggu, sehingga pemantauan stok susu harus dilakukan lebih sering.

Nah, apabila hasil pemantauan menunjukkan bahwa stok susu hanya cukup untuk 1 bulan, kamipun mulai melakukan proses pengiriman. Kami mendapatkan susu dari seorang teman yang bekerja di Frisan Flag. Melalui teman tersebut, kami bisa membeli susu yang dibutuhkan dengan harga distributor.

Biasanya susu tersebut diatar dalam waktu 2-3 hari kerja. Setelah susu tersebut datang, kamipun memberikan label pengiriman, pemeriksaan dan perekat tambahan, untuk memastikan bahwa kemasan susu terseut layak dikirim

Setelah selesai diberi label dan diperiksa, susu pun siap dikirim. Pengiriman dilakukan melalui PT Pos Indonesia. Pengiriman dilakukan melalui Kantor Pos Pusat di daerah Lapangan Banteng.
Sesampainya di kantor pos, susu-susu tersebut pun ditimbang, diberi label dari kantor pos. Berat setiap karton susu adalah 15.58kg.

Timbangan seperti disamping ini terhubung langsung dengan komputer. Petugas pos tinggal memasukkan alamat tujuan, dan biaya pengiriman pun langsung terhitung otomatis. Selain biaya pengiriman, komputer juga langsung menghitung pajak dan nilai asuransi sesuai nilai barang. Asuransi ini menjamin apabila barang yang dikirimkan hilang, kami bisa mendapatkan pergantian uang sesuai nilai barang.

Setelah membayar, susu pun siap dikiriman. Selanjutnya kami mengabari Romo Paskal bahwa susu telah dikirimkan. Biasanya, setelah menunggu 2 minggu, Romo Paskal mengabari bahwa susu sudah sampai di PAUD. Selanjutnya susu pun diolah oleh staff PAUD dan orang tua murid, sehingga siap dinikmati oleh anak-anak.

Pada pengiriman periode tertentu, kadang-kadang Frisan Flag juga memberikan hadiah untuk pembelian susunya. Seperti pada foto disamping, Frisan Flag memberikan buku latihan membaca untuk setiap kotak susu. Dengan total 105 kotak susu, artinya PAUD mendapatkan tambahan 105 buku untuk digunakan dalam proses belajar. Oleh Romo Paskal dan Bp. Petrus, buku ini dipisahkan, disimpan, dan diberikan kepada anak-anak sesuai dengan kebutuhan

Sejak pengiriman pertama kami bulan Februari 2007, jumlah susu yang dikirimkan telah meningkat, dari 26 kotak @900gr menjadi 105 kotak @900gr untuk kebutuhan selama 3 bulan, seiring dengan peningkatan frekuensi pemberian dari 1 kali seminggu menjadi setiap hari, dan peningkatan jumlah murid PAUD dari 25 orang menjadi 45 orang.

*Foto-foto diatas dapat dilihat di photo album Ribbon of Love di http://picasaweb.google.com/ribbon.of.love/CeritaKirimanSusu

*Artikel ini dapat di download dalam format .pdf di http://ribbon.of.love.googlepages.com/200710-ProsesPengirimanSusu.pdf

No comments: